Penyebab Infeksi Telinga Pada Orang Dewasa

Penyebab Infeksi Telinga Pada Orang Dewasa-  Telinga merupakan salah satu organ tubuh manusia yang memiliki peran penting yakni untuk mendengar.

Memiliki telinga yang sehat tentu salah satu berkah dan sukur nikamat yang kita miliki. Namun berbeda ketika telinga kita terserang berbagai penyakit tentu hal tersebut bisa sangat menganggu dan membuat kita menjadi hawatir.

Apabila fungsi telinga mengalami gangguan seperti luka, terkena infeksi, terserang penyakit atau cedera maka secara otomatis bisa menganggu pada pendengaran. Hal tersebut tentu akan sangat mengahawatirkan sekali bagi siapa saja yang mengalaminya.


Nah,  pada kesempatan kali ini kami akan memberi informasi mengenai apa saja yang menyebabkan terjadinya infeksi pada telinga orang dewasa.

Apakah anda beranggapan setelah memasuki usia dewasa anda bisa terhindar dari infeksi pada telinga ? Tunggu dulu, ternyata orang dewasa juga bisa terkena infeksi pada telinga tetapi tidak sesering infeksi telinga terhadap anak-anak.

Untuk itu kita sebagai orang dewasa juga patut berhati-hati untuk menjaga kesehatan telinga agar tidak mudah terkena infeksi.

Jenis – Jenis Infeksi Telinga Yang Sering Terjadi Terhadap Orang Dewasa

Infeksi yang biasanya sering terjadi atau menyerang terhadap orang dewasa yakni infeksi telinga bagian tengah atau dalam dunia medis sering di sebut dengan  (otitis media).

Selain itu ada juga penyakit lain yang bisa membuat telinga orang dewasa terkena infeksi di antaranya infeksi telinga luar ( Otitis eskterna ) atau di sebut telinga perenang.

Namun tetap saja infeksi telinga bagian tengah yang paling sering menyerang terhadap orang dewasa.

Lalu Apa Yang Menyebabkan Orang Dewasa Terkena Infeksi Telinga Bagian Tengah ?

Kondisi seperti ini biasanya berhubungan dengan eustachius. Biasanya telinga tengah terhubung ke tenggorokan oleh sebuah saluran yang di sebut  eustachius.

Saluran ini membantu mengontrol tekanan telinga bagian luar, tengah, dan dalam. Beberapa kondisi seperti suhu dingin atau alergi bisa menyebabkan saluran ini iritasi sehingga daerah sekitarnya membengkak. Maka, cairan yang terbentuk di belakang gendang telinga akan terjebak dan tidak bisa mengalir.

Namun selain itu ada juga beberapa faktor lain yang bisa menjadi penyebab terjadinya infeksi pada telinga bagian tengah. Penyabeb lain terkenanya infeksi bagian tengah di antarnya meliputi :

  • Adanya rhinitis alergi
  • Adanya infeksi saluran pernafasan bagian atas
  • Adanya gangguan penyakit pada telinga, hidung atau tenggorokan
  • Terjadi pemebengkakan struktur pada telinga, hidung, atau tenggorokan seperti kelenjar gondok
  • Mengalami gangguan pada craniofacial yakni tulang di bagian kepala atau wajah yang membuat kelemahan otot
  • Sistem kekebalan tubuh melemah

Faktor sistem imun tubuh yang menuurn atau kurang kuat bisa juga menjadi salah satu indiaksi besar terjadinya infeksi pada telinga anda. Hal itu di sebabkan karena jika imun tubuh kita lemah maka bakteri atau virus akan mudah sekali untuk masuk kedalam tubuh.

Gejala-Gejala Infeksi Telinga Terhadap Orang Dewasa

Bagi anak-anak ketika terkena infeksi pada bagian telinga gejala yang di timbulkan biasanya berupa hilangnya pendengaran untuk sementara dan tenggoroakn mengalami rasa sakit.

Nah berbeda dengan anak-anak gejala yang biasanya di alami oleh orang dewasa di antaranya seperti :

  • Demam
  • Merasa adanya tekanan penuh di dalam telinga
  • Vertigo
  • Kepala menjadi sakit
  • Batuk-batuk

Jika gejala-gejala di atas sudah anda rasakan alangkah baiknya untuk segera periksakan diri kedokter atau cari alternatif lain pengobatan alami yang mampu menyembuhkan infeksi telinga anda.

Itulah beberapa faktor penyebab serta gejala dari penyakit infeksi telinga pada orang dewasa yang perlu anda ketahui. Demikian informasi ini kami sampaikan semoga bisa bermanfaat.

Baca Juga >> Obat Sakit Telinga Yang Diminum Paling Mujarab

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.